Rabu, 29 Oktober 2008

Definisi intranet

INTRANET


DEFINISI INTRANET

Intranet adalah Jaringan Komputer yang khusus untuk penggunaan pada lingkungan di dalam batasan suatu Organisasi. Dilihat dari sudut teknisinya, Intranet didefinisikan sebagai penggunaan teknologi Internet dan WWW (World Wide Web) di dalam sebuah jaringan komputer lokal (LAN). Local Area Network (LAN) adalah sekumpulan komputer-komputer yang saling dihubungkan pada suatu daerah atau lokasi tertentu. Intranet memaksimalkan penggunaan LAN tersebut dengan menambahi kemampuan-kemampuan Internet kedalamnya

MANFAAT INTRANET

Perusahaan dapat mengatasi masalah utama yaitu tentang penyebaran informasi antar sesama karyawan dengan cara yang cepat, mudah dan efekktif. Tidak terikat oleh Program atau perangkat keras tertentu. Intranet dapat langsung ditaruh pada halaman Intranet perusahaan, dan setiap karyawan dapat langsung dapat membacanya di layar komputernya. Perusahaan dapat melihat langsung dan cepat jika ada perubahan-perubahan yang terjadi. Dengan penyebaran informasi ini, dapat dimanfaatkan untuk mendidik dan melatih para pegawai perusahaan. Halaman intranet dapat di isi dengan petunjuk cara bekerja pada setiap divisi, panduan penggunaan suatu alat (komputer misalnya), serta daftar istilah teknis yang mungkin perlu dipahami oleh para karyawan. Halaman intranet juga bisa digunakan untuk meminta umpan balik atau saran dan kritik dari karyawan, menyebarkan berita intern perusahaan (dalam bentuk buletin), dan sebagainya. Masalah pengiriman berita dapat dilakukan dengan mudah melalui intranet. Antara sesama karyawan dapat mengirimkan memo ke rekan kerja yang lain tanpa harus meninggalkan mejanya. Dengan fasilitas e_mail . Intranet dapat mengirimkan pesan dengan mudah dan dapat digunakan untuk menyebarkan dokumen, file atau program. Setiap karyawan bisa mengirimkan beberapa dokumen melalui komputer dengan demikian tidak perlu untuk mencetak dokumen itu. Administrator network bisa menaruh file-file program yang bisa digunakan oleh karyawan pada suatu folder bersama, sehingga dapat di-download oleh yang memerlukannya. Para pegawai atau departemen yang ingin " mengiklankan diri " juga bisa melakukannya melalui Intranet.

PENGGUNAAN INTRANET DALAM PERUSAHAAN

Beberapa perusahaan yang telah memanfaatkan teknologi intranet sebagian besar menggunakannya untuk :
· Mengakses Prosedur dan Manual
· Mengakses Data-data penting
· Mengirimkan Halaman Web Pribadi
· Mengirimkan Lamaran Pekerjaan Internal
· Memeriksa dan menyetujui dokemen
· Mengakses Informasi Pegawai
· Membuat Jadwal
· Mengakses DataBase

MANFAAT INTRANET BAGI KARYAWAN

Beberapa keistimewaan yang bisa diberikan oleh intranet untuk perusahaan diantaranya adalah :
· Dapat mengakses informasi terbaru perusahaan dengan cepat dan mudah
· Saling berkomunikasi antar karyawan, tidak peduli dengan lokasi fisik tempat karyawan tersebut berada
· Dapat berkolaborasi mengerjakan satu dokumen bersama-sama dari komputernya masing-masing
· Dapat mengirim e_mail dan dokumen ke yang lainnya
· Melakukan rapat dari komputernya masing-masing tanpa harus meninggalkan tempat kerja
· Berkonferensi audio dan video melalui komputer, dan sebagainya

PERANGKAT KERAS INTRANET
1. LAN

Intranet sebenarnya adalah sebuah jaringan komputer lokal (LAN) yang diberikan teknologi internet atau World Wide Web. Untuk membangun Intranet, LAN (Local Area Network) harus memiliki sebuah jaringan komputer lokal terlebih dahulu. LAN ( Local Area Network) atau jaringan komputer lokal terdiri dari beberapa komputer, dimana saling terhubung di dalam satu lokaksi. Semua komputer di dalam LAN dapat saling berhubungan dan mengakses sumbber-sumber daya yang ada pada komputer yang lain. Sumber daya (resource) yang dimaksud disini bisa berupa data pada server, data pada komputer lain, printer, periferal lain, dan sebagainya.

2. CLIENT - SERVER

Komputer server dapat didefinisikan sebagai komputer pusat yang memberikan suatu data atau dokumen , sedangkan komputer yang meminta dokumen disebut sebut sebagai client. Komputer client biasanya berupa PC biasa dan digunakan oleh pemakai atau pegawai perusahaan untuk meminta informasi dari server, sedangkan komputer server di guakan untuk menyimpan data dan program serta menyediakan pelayanan nentwork kepada client. Jika kedua komputer ini di satukan, maka akan didapat sebuah model jaringan komputer client server.

3. KOMPONEN LAN

Komponen Perangkat keras yang dibutuhkan untuk membangun INTRANET
· Komputer Server
· Komputer Workstation
· Adapter NetWork atau NetWork Interface Card
· Kabel
· Komponen Pendukung LAN

SERVER

Server adalah komputer pusat yang mengendalikan seluruh aktivitas jaringan komputer. Juga digunakan sebagai penyimpanan pusat data / program yang dapat diakses oleh komputer client.

WORKSTATION

Workstation adalah komputer yang di gunakan oleh setiap orang untuk mengakses komputer pusat tetapi pada lingkungan networking yang ada sekarang ini. Istilah workstation juga sering dipertukarkan dengan istilah client yang lebih cocok dengan model networking client-server. Workstaton tidak dapat menjalankan tugas pemrosesan, tugas pemrosesan seluruhnya dilakukan oleh server sehingga beban pemrosesan dan lalu lintas network terpusat pada server tersebut. Cara ini dapat dilakukan apabila lalu lintas data tidak terlalu padat dan server mampu menangani seluruh tugas pemrosesan yang diminta oleh setiap client (Workstation).

NIC (NETWORK INTERFACE CARD )

Network Interface Card (NIC) atau sering juga disebut dengan adapter card adalah sebuah kartu elektronik yang dipasang pada semua komputer yang ingin dihubungkan pada suatu network (termasuk komputer server dan client ). Kartu NIC inilah yang berfungsi menghubungkan komputer-komputer pada suatu LAN dan mengizinkan semua komputer tersebut dapat saling berkomunikasi.

KABEL NETWORK

Kabel di sini berfungsi menghubungkan antara NIC-NIC yang di pasang pada setiap komputer. Kabel yang dapat digunakan untuk menghubungkan network ada bermacam-macam, bergantung pada kebutuhan dan kecepatan yang anda inginkan
Jenis- jenis kabel yang digunakan untuk network diantaranya adalah :
· Kabel Twisted pair dibagi menjadi dua :
· Shielded twisted pair ( STP)
· Unshielded twisted pair (UTP)
· Kabel koaksial
· Kabel serat optik
· Network tanpa kebel

KOMPONEN PERANGKAT LUNAK INTRANET

Komponen-komponen perangkat lunak yang dibutuhkan oleh jaringan intranet
· Sistem Operasi Network
· Web Server
· Web Browser
· File HTML
· File Pendukung

a. SISTEM OPERASI NETWORK

Sistem Operasi network adalah sebuah program yang mengendalikan dan mengatur lalu lintas suatu network serta menyediakan pelayanan kepada komputer-komputer yang terdapat pada network tersebut. Sistem Operasi network sangatlah penting, karena ia dalah inti dari suatu network itu sendiri.salah satu kelebihan Teknologi Internet adalah dapat menggabungkan komponen-komponen apa saja yang anda sukai, tanpa harus terikkat oleh sistem operasi atau program tertentu. Jenis- jenis sistem operasi network yang paling sering digunakan untuk intranet diantaranya adalah :
· 1. Window NT
· 2. Unix
· 3. Novell Netware

b. WEB SERVER

Web server adalah sebuah program yang dijalankan pada komputer server, yang bertugas menyediakan jasa pelayanan intranet kepada komputer-komputer yang terhubung ke server. Server juga berfungsi menyimpan program dan file-file intranet yang dibutuhkan oleh semua komputer yang terhubung kepadanya. Setiap kali ada permintaan dari komputer Client, program web server akan mencari file yang diminta pada hard disk server, lalu memberikannya kepada client yang memintanya.
Bebarapa dari web server yang paling benyak digunakan diantaranya adalah :
· Microsoft Internet Information Server
· Netscape FastTrack Server & Enterprise Server
· Apache
· Internet Ware
· Lotus Domino

c. WEB BROWSER

Web Browser atau sering disingkat dengan browser adalah program yang dijalankan pada komputer client, yang digunakan untuk mengakses dan melihat halaman intranet yang terdapat pada server.
Yang paling banyak digunakan adalah Netscape Navigator dan Microsoft Internet Explorer.

d. FILE HTML

Inti dari intranet adalah halaman-halaman intranet yang bisa diakses oleh setiap orang pada perusahaan. Halaman tersebut sebenarnya adalah file teks biasa yang diformat dengan " kode- kode " tertentu dan disimpan dalam ektensi HTM atau HTML. File-File HTML untuk intranet biasanya disimpan pada server, sehingga dapat diakses oleh semua komputer client yang ingin membuka halaman intranet. File HTML ini hanya dapat ditampilkkan dengan program browser yang terdapat pada client.

e. FILE-FILE PENDUKUNG

File-file pendukung di sini adalah file-file yang dibutuhkan oleh file HTML untuk menampilkan halaman intranet.
Contoh file-file pendukung :
· · File Gambar
· · File multimedia (suara, animasi, video)
· · File program JavaScript, dan sebagainya.
File-file penunjang ini (sama seperti HTML) juga disimpan pada hard disk komputer server, sehingga bisa diakses oleh semua komputer client yang terhubung ke jaringan intranet.

f. SEARCH ENGINE

Situs Search Engine ini memudahkan pemakai untuk mencari informasi yang diinginkan dengan mudah dan cepat, tanpa harus menjelajahi situs-situs Web yang jumlahnya mungkin ribuan. Sarana yang sama juga bisa diterapkan pada internet. Search engine bisa memudahkan pegawai mencari suatu informasi yang diinginkan dengan cepat, tanpa harus mengetahui alamat halaman-halaman intranet tertentu.
Cara Kerja Search Engine
Search Engine pada dasarnya adalah sebuah program aplikasi yang digunakan untuk mencari informasi pada web (internet atau intranet).
Search engine memiliki dua buah komponen :
1. Komponen pencari / pengumpul data
2. Komponen pencocok data
Kata Kunci (Keyword)
Untuk dapat menggunakan search engine, semua dokumen HTML anda yang di gunakan sebagai halaman-halaman intranet harus disertai dengan kata kunci. Kata kunci (Keyword) adalah string yang digunakan oleh program pencarian (Search engine) untuk mecari informasi pada halaman-halaman intranet. String ini dapat berupa huruf, kata, kalimat, atau angka . jika anda memasukkan kata kunci ini pada search engine, program search engine lalu akan mencari kata kunci tersebut pada semua dokumen HTML yang terdapat pada situs intranet anda.
Apabila proses pencarian sudah selesai, semua halaman intranet (dokumen HTML) yang mengandung kata kunci tersebut akan ditampilkan sebagai list pada browser. Untuk menentukan kata kunci ini, anda bisa melakukannya langsung pada dokumen HsTML atau dengan menggunakan perintah Page Propertis yang biasanya terdapat pada programa uthoring.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar